Apakah Anda tahu logo, packaging, maupun tagline? Semua itu bagian dari brand. Brand merupakan nama dari suatu produk atau layanan jasa tertentu yang dibuat oleh pebisnis. Membahas tentang brand, banyak sekali hal yang perlu dikupas. Salah satu hal yang perlu diulas adalah persona brand.
Mari simak artikel tentang “Persona brand,” sampai habis mulai dari pentingnya element ini dalam membangun brand hingga poin-poin penting dalam menemukannya.
Apa itu persona brand?
Tidak semua orang tahu perihal brand, persona brand adalah sesuatu yang penting dimana Anda memposisikan tentang apa serta siapa Anda dari dalam brand.
Sederhananya, pengertian yang lebih mudah untuk dipahami adalah memvisualisasikan brand yang Anda miliki agar masyarakat lebih paham dengan “Brand Anda,” saat ini.
Dengan menciptakan brand, bisnis Anda akan lebih identik untuk menjadi apa yang diinginkan sedari awal. Tidak hanya itu, keotentikan persona brand mampu meningkatkan loyalitas serta kepercayaan dari para konsumen.
Anda harus tahu bahwasannya personality brand dibedakan berdasar atas perilaku-perilaku manusia diantaranya yaitu caregiver, competent, excited, rugged, dan shopisticated.
Poin penting menemukan persona brand
Setelah mengetahui tentang personality brand dari segi pengertian, Anda harus mengetahui tentang cara menemukan brand persona.
Inilah poin-poin penting yang perlu Anda terapkan dalam menemukan persona brand, diantaranya sebagai berikut:
Mendeskripsikan sifat brand detail
Dalam mendeskripsikan brand Anda harus mengetahui sifat terlebih dahulu dan setelahnya Anda sampaikan apa yang ingin disampaikan.
Permisalan sederhana Anda menjual camilan manis seperti pie susu, Anda harus mengetahui hal-hal penting apa saja yang ada di dalam produk.
Tidak hanya itu, Anda harus memikirkan tentang apakah harganya terjangkau? Apakah produk worth it untuk dibeli? Apakah akan disukai oleh remaja dan orang dewasa? Inilah yang dinamakan dengan pembedahan suatu sifat dan karakteristik atas brand produk.
Membayangkan apa bisnis Anda ke dalam bentuk persona manusia
Selanjutnya, poin dimana Anda memposisikan diri sebagai pelaku bisnis dan bayangkan juga brand bisnis Anda menjadi karakteristik manusia seperti apa?
Mungkin hal ini terlalu sulit untuk dipahami, sederhananya ketika produk sun screen dijadikan manusia ia akan menjadi wanita muda dengan wajah mulus tanpa kerutan. Anda harus menggambarkannya secara detail dan butuh bantuan dari rekan kerja saat ini.
Memikirkan target pasar
Poin terakhir adalah segmentasi target pasar. Pasti semua orang paham dengan poin yang satu ini karena sudah banyak dibahas.
Secara singkat, Anda perlu memposisikan brand untuk mangsa pasar seperti apa? Siapa? Secara publik, brand Anda akan dilihat seperti apa dimata masyarakat? Setelah mengetahui hal ini, ada banyak hal yang perlu diimplementasikan dalam menciptakan persona brand. Fungsi dari adanya pengimplementasian ini adalah meningkatkan brand awareness.
Address
Jl. Taman Internasional B8 no. 33A, Citraland
Surabaya, Indonesia
Telephone
031-745 1133